Pengadilan Negeri Garut Kelas IBw3c
Rabu, 05 Oktober 2022. Alih Bahasa :
Website Sedang Dalam Proses Pengembangan
Home TUPOKSI PERDATA

TUPOKSI PERDATA

Dibuat Oleh : Admin PTIP / Rabu, 16 Maret 2016 / PN Garut

Tugas Pokok dan Fungsi Kepaniteraan Perdata



Kepaniteraan Perdata melaksanakan kegiatan dan tugas-tugas yang meliputi :





  1. Pembuatan Rencana Kerja / Program Kerja.

    • Tujuan : Membantu Pimpinan dalam rangka menyusun program kerja Pengadilan Negeri Garut.

    • Sasaran : Tersedianya bahan guna penyusunan program kerja untuk Kepaniteraan Perdata.



  2. Mencatat setiap surat masuk dan surat keluar khusus Kepaniteraan Perdata.

    • Tujuan : Menata surat masuk dan surat keluar di Kepaniteraan Perdata.

    • Sasaran : Memudahkan pencarian surat yang masuk dan yang keluar jika diperlukan.



  3. Membuat Surat Pengantar pengiriman berkas perkara.

    • Tujuan : Untuk pengiriman berkas perkara baik perkara Banding maupun Kasasi.

    • Sasaran : Terpenuhinya proses pengiriman berkas perkara dalam rangka menunjang proses peradilan yang cepat.



  4. Mengelola Perkara Perdata yang masuk.



  1. Menerima perkara perdata gugatan dan permohonan.

  2. Menerima permohonan perlawanan yang merupakan verset terhadap putusan verstek tetapi tidak didaftarkan sebagai perkara gugatan baru.

  3. Menyerahkan kembali Surat Gugatan setelah dilengkapi dengan SKUM kepada yang bersangkutan agar membayar biaya perkara pada kas Pengadilan Negeri.

  4. Mendaftarkan perkara perdata yang masuk kedalam Buku Register setelah panjar perkara dibayar kepada kas.

  5. Menyerahkan berkas kepada Ketua Pengadilan Negeri paling lama 3(tiga) hari setelah diterima.

  6. Mengisi Buku Register Gugatan / permohonan pada saat perkara masuk secara lengkap.

  7. Menutup Buku Register setiap akhir bulan, paling lambat tanggal 5 setiap bulannya.

  8. Menyerahkan perkara kepada Majelis Hakim setelah ditunjuk oleh Ketua Pengadilan dengan dilengkapi penetapan hari sidang.

  9. Menetapkan pembagian tugas pemanggilan / pemberitahuan kepada Jurusita / Jurusita Penganti.




    • Tujuan : Mempersiapkan berkas perkara perdata dengan tepat waktu sehingga dapat segera di sidangkan oleh Majelis Hakim yang bersangkutan.

    • Sasaran : Terwujudnya proses peradilan yang cepat, sederhana dan biaya ringan.


  1. Mengelola Perkara Banding.




    1. Menerima panjar Banding dan dicatat dalam SKUM untuk disetorkan ke kas Pengadilan negeri.

    2. Menerima Memori Banding dan Kontra Memori Banding dari para pihak.

    3. Menetapkan pembagian tugas penyerahan memori banding kepada Jurusita / Jurusita Penganti kepada para pihak.

    4. Mengisi buku Register Banding secara lengkap.

    5. Penerimaan Akta-akta.





    • Tujuan : Mempersiapkan Berkas perkara Banding dengan tepat waktu sehingga dapat segera dikirim ke Pengadilan Tinggi untuk diperiksa dan diputus oleh Pengadilan Tinggi.

    • Sasaran : Terwujudnya proses peradilan yang cepat, sederhana dan biaya ringan.


  1. Mengelola Perkara Kasasi.




    1. Menerima permohonan kasasi dari pemohon.

    2. Menerima Panjar kasasi yang dicatat dalam SKUM untuk disetorkan ke kas pengadilan Negeri.

    3. Menerima Memori Kasasi dengan dibuatkan tanda terima Memori Kasasi.

    4. Menerima Kontra Memori Kasasi.

    5. Menetapkan pembagian tugas Jurusita / Jurusita Penganti untuk menyerahkan Memori Kasasi dan Kontra Memori Kasasi kepada para pihak.

    6. Mengisi Buku Register Kasasi.





    • Tujuan : mempersiapkan Berkas Perkara Kasasi dengan tepat waktu sehingga dapat segera dikirim ke Mahkamah Agung untuk diperiksa dan diputus oleh Mahkamah Agung.

    • Sasaran : Terwujudnya proses peradilan yang cepat, sederhana dan biaya ringan.


  1. Mengelola Perkara Peninjauan Kembali (PK).




    1. Menerima permohonan peninjauan kembali dari pemohon disertai alasan-alasannya.

    2. Mencatat permohonan peninjauan kembali ke dalam Register secara lengkap.





    • Tujuan : Mempersiapkan berkas perkara kasasi dengan tepat waktu sehingga dapat segera dikirim ke Mahkamah Agung untuk diperiksa dan diputus oleh Mahkamah Agung.

    • Sasaran : Terwujudnya proses peradilan yang cepat, sederhana dan biaya ringan.


  1. Mengelola Permohonan Eksekusi, Penyitaan dan Somasi.




    1. Menerima dan menegelolah permohonan eksekusi, penyitaan dan somasi.

    2. Mencatat kedalam Buku Register Eksekusi Penyitaan dan Somasi secara lengkap.





    • Tujuan : Menyiapkan berkas perkara yang bersangkutan dan menyerahkan kepada pimpinan untuk ditindak lanjuti.

    • Sasaran : Terwujudnya proses penyelesaian perkara dengan cepat, sederhana dan biaya ringan.


  1. Pembuatan Agenda Persidangan.


Dalam setiap kegiatan persidangan perlu dibuat agenda persidangan, untuk mencatat pengunduran persidangan. Panitera Pengganti setelah selesai sidang melapor ke Bagian Kepaniteraan Perdata untuk dicatat pada hari itu juga pada papan persidangan dan dalam Buku Register Induk Perkara.





    • Tujuan : Tersedianya data sehubungan dengan perkara yang sedang berjalan.

    • Sasaran : Tersedianya data bagi publik yang akan mengikuti jalannya persidangan perkara yang bersangkutan.


  1. Mengelola Keuangan Perkara.




    1. Menerima dan membukukan uang panjar perkara sebagaimana tercantum dalam SKUM pada Buku Jurnal Perkara mencatat jenis-jenisnya yaitu :

      • K1 - A1 / G : Perkara Gugatan.

      • K1 - A1 / P : Perkara Permohonan.

      • K1 - A2 : Permohonan Banding.

      • K1 - A3 : Permohonan Kasasi.

      • K1 - A4 : Permohonan Peninjauan Kembali.

      • K1 - A5 : Permohonan Eksekusi.

      • K1 - A6 : Permohonan Somasi.



    2. Pencatatan panjar perkara dalam Buku Jurnal Khusus Perkara Tingkat Pertama, diteliti sesuai dengan nomor perkara.

    3. Nomor perkara tersebut oleh Pemegang Kas diterima dalam lembar pertama Surat Gugatan / Permohonan.

    4. Mengeluarkan dari panjar biaya perkara tersebut untuk hak-hak Kepaniteraan (pencatatan banding, kasasi) redaksi putusan, penyelenggaraan peradilan.

    5. Membuat SKUM dan merinci panjar yang akan dimasukkan SKUM baik perkara permohonan, gugatan, banding, kasasi dan peninjauan kembali.

    6. Mengelola keuangan perkara, menerima biaya perkara, mencatat dalam Buku Jurnal dan mengisi Buku Bantu Keuangan.





    • Tujuan : Tersedianya biaya perkara yang cukup untuk perjalanan perkara sampai ada putusan yang mempunyai kekuatan hukum tetap dan penyediaan data-data sehubungan dengan penggunaan biaya perkara yang bersangkutan.

    • Sasaran : Terciptanya proses peradilan yang cepat, sederhana dan biaya ringan.


  1. Membuat Laporan Bulanan Keadaan Perkara.


Membuat Laporan Bulanan keadaan perkara dan diserahkan kepada kepaniteraan hukum paling lambat awal bulan.





    • Tujuan : Menyusun data-data perkara perdata yang sedang berjalan untuk diserahkan kepada Kepaniteraan Hukum.

    • Sasaran : Tersedianya data-data perkara perdata yang sedang berjalan sebagai bahan pembuatan laporan perkara oleh kepaniteraan hukum.





Kepaniteraan Perdata dipimpin oleh seorang Panitera Muda Perdata, yang didalam melaksanakan tugasnya dibantu oleh beberapa orang staf.




Tags :
Berita Terbaru
  • MENGIKUTI ZOOM PEMBINAAN OLEH YANG MULIA BAPAK KETUA MAHKAMAH AGUNG REPUBLIK INDONESIA PADA PENGADILAN NEGERI GARUT KELAS 1B
    Senin, 03 Oktober 2022

    Lebih Lanjut
  • BRIEFING PENGUATAN PTSP PADA PENGADILAN NEGERI GARUT KELAS 1B
    Senin, 03 Oktober 2022

    Lebih Lanjut
  • APEL PAGI PADA PENGADILAN NEGERI GARUT KELAS 1B
    Senin, 03 Oktober 2022

    Lebih Lanjut
Pelayanan Prima, Putusan Berkualitas
Pencarian
SIMAGAR


SIMAGAR


Panduan Aplikasi E-Peduli PT Bandung
Laporan LHKPN dan LHKASN
Ketua & Wakil Ketua PN Garut

HARRIS TEWA, S.H., M.H.
KETUA


SINTA GABERIA PASARIBU, S.H.,M.H.
WAKIL KETUA

Profil PN Garut Kelas IB

HARRIS TEWA, S.H., M.H.
KETUA PN GARUT

SINTA GABERIA PASARIBU, S.H., M.H.
WAKIL KETUA PN GARUT

RISWANDY, S.H.
HAKIM PN GARUT

SANDI MUHAMMAD A, S.H.,M.H.
HAKIM PN GARUT

NURRAHMI, S.H., M.H.
HAKIM PN GARUT

HARYANTO DAS AT, S.H., M.H.
HAKIM PN GARUT

MARYAM BROO, S.H., M.H.
HAKIM PN GARUT

AHMAD RENARDHIEN, S.H.
HAKIM PN GARUT

RUDI SAFARI, S.H., M.H.
PANITERA PN GARUT

ELA HANIPAH, S.E.
SEKRETARIS PN GARUT

YETI YUNINGSIH, S.H., M.H.
PANMUD PERDATA PN GARUT

Hj. GIT GIT GARNITA, S.H.
PANMUD PIDANA PN GARUT

IMAN JUNIAWAN, S.H.,M.H.
PANMUD HUKUM PN GARUT

BAMBANG PRAHASTA PN, S.E.
KASUBAG UMUM & KEUANGAN PN GARUT

UCU ABDUL AZIS
KASUBAG KEPEGAWAIAN, ORTALA PN GARUT

DENI SETIABUDI, S.Kom
KASUBAG PTIP PN GARUT

AAM HERYANA, S.H.
PANITERA PENGGANTI PN GARUT

A T I K A H
PANITERA PENGGANTI PN GARUT

DAYAT RUHIYAT, S.H.
PANITERA PENGGANTI PN GARUT

GANJAR RAHARDIANSAH, S.H.
PANITERA PENGGANTI PN GARUT

EDI JOHAR, S.H.
PANITERA PENGGANTI PN GARUT

RINALDY RAZAK, S.Kom
JURUSITA PN GARUT

ASEP HIDAYAT
JURUSITA PENGGANTI PN GARUT

JAMHARI
JURUSITA PENGGANTI PN GARUT

DEDI SUPRIADI, S.H.
JURUSITA  PN GARUT

ASEP SUTISNA
JURUSITA PENGGANTI PN GARUT

ANITA IRMADHANI, A.Md
PEGAWAI PN GARUT

ARIF HIDAYAT
PEGAWAI PN GARUT

ANANG SURYANA
PEGAWAI PN GARUT

GWYNUFKE BELVA GUSTHA, S.Sy
PEGAWAI PN GARUT

YULIANTI, A.Md.
CPNS PN GARUT

DARA MAILANI, S.H.
CPNS PN GARUT

REGINA MONICA ANDRIANI, S.H
PEGAWAI PN GARUT

NATIKA YOLANDA HUTAGALUNG
PEGAWAI PN GARUT

BOXEN SARAGIH A.md
PEGAWAI PN GARUT

AGUS KUSNADI
PPNPN PN GARUT

RIAN RAHMAWAN., S.,Kom
PPNPN PN GARUT

ENDANG SOLIH
PPNPN PN GARUT

JAJANG SUPRIADIN
PPNPN PN GARUT

M. ALI AKBAR, SH.
PPNPN PN GARUT

NEULIS SARIPAH, SH.
PPNPN PN GARUT

NOVI NURDIANA
PPNPN PN GARUT

SAID ISWARDANI
PPNPN PN GARUT

WAWAN SUWANDI
PPNPN PN GARUT
Sertifikat Akreditasi Penjaminan Mutu


Pengadilan Negeri Garut Kelas IB Mendapatkan Sertifikat Akreditasi Penjaminan Mutu "A" Excellent dari Direktorat Jenderal Badan Peradilan Umum Mahkamah Agung RI
Jam Kerja
Role Model

ROLE MODEL


HARRIS TEWA, S.H.,M.H.
KPN Garut
Periode Juli-Desember 2022

Agen Perubahan

AGEN PERUBAHAN


YULIANTI, A.Md.
PENGADMINISTRASI REGISTRASI PERKARA
Periode Juli-Desember 2022


AGEN PERUBAHAN


DARA MAILANI, S.H.

ANALIS PERKARA PERADILAN
Periode Juli-Desember 2022

Maklumat Pelayanan


Maklumat Pelayanan Pengadilan Negeri Garut Kelas IB
SPK


Indeks Kepuasan Masyarakat



Indeks Prestasi Anti Korupsi
RKAKL
BIAYA PANGILAN DAN PEMBERITAHUAN PERKARA PERDATA
DOWNLOAD SK
Laporan Realisasi Anggaran
LRA BUA (097542) 
September Tahun 2022 -  83,59%

LRA BADILUM (099072) 
SeptemberTahun 2022 -  71,48%

Sosial Media PN Garut
>_
SAKIP

SISTEM AKUNTABILITAS KINERJA INSTANSI PEMERINTAH (SAKIP)
Dalam rangka Reformasi Birokrasi di Lingkungan Mahkamah Agung RI dan Badan Peradilan serta dalam upaya meningkatkan kualitas akuntabilitas, maka berikut ini adalah Komponen Sistem Akuntabilitas Kinerja Instasi Pemerintah (SAKIP) Pengadilan Negeri Garut :

1. Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP)
file : 2017 | 2018 | 2019 | 2020 | 2021

2. Rencana Strategis (RENSTRA)
file : 2010-2014 | 2015-2019 | 2015-2019 (Baru) | Reviu RENSTRA 2015-2019 ke 1| Reviu RENSTRA 2015-2019 ke 2 | Reviu RENSTRA 2020-2024

3. Indikator Kinerja Utama (IKU)
file : 2010-2014 | 2015-2019 | Reviu IKU 2015-2019 Revisi 2017 | Reviu IKU 2015-2019 Revisi 2018 | Reviu IKU Revisi 2021

4. Rencana Kinerja Tahunan (RKT)
file : 2010-2016 | 2017 | 2018 | 2019 | 2020 | 2021 | 2022

5. Penetapan Kinerja Tahunan (PKT)
file : 2010-2016 | 2017 | 2018 | 2019 | 2020 | 2021

6. Laporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintahan (LAKIP)
file : 2014 | 2015 | 2016 | 2017 | 2018 |2019| 2020| 2021

7. Rencana Kerja, Program Kerja, Rencana Aksi Kinerja
file : 2016-2017 | 2018 | 2019 | 2020 | 2021

8. Laporan Kinerja Instansi Pemerintah (LKjIP)
file : 2016 | 2017 | 2018 | 2019 | 2020
 | 2021
9. Perjanjian Kinerja
file : 2017 | 2018 | 2019 |2020 | 2021 | 2022

10. LHE
file : 2019 | 2020

Link Terkait

Mahkamah Agung RI

Mahkamah Agung RI
Jl. Medan Merdeka Utara No.9-13 Jakarta

Badilum

Badan Peradilan Umum
Jl. Jend. Ahmad Yani No.58, Jakarta

Badilum

Kepaniteraan Mahkamah Agung RI
Jl. Medan Merdeka Utara No. 9-13, Jakarta

Pengadilan Tinggi Bandung

Pengadilan Tinggi Bandung
Jl. Cimuncang No. 21 D Bandung, Jawa Barat

Kejaksaan Tinggi Jawa Barat

Kejaksaan Tinggi Jawa Barat
JL. RE. Martadinata, No. 54, Bandung

Pemerintah Daerah Kab. Garut

Pemerintah Daerah Kab. Garut
Jl. Pembangunan No. 199, Garut

Kejaksaan Negeri Garut

Kejaksaan Negeri Garut
Jl. Merdeka No. 222, Garut

Polres Garut

Polres Garut
Jl. Raya Suci, Garut

Informasi Pengadilan

Kontak Email : [email protected]
No. Telp : (0262)233042
Fax: (0262)233042
Alamat : Jl. Merdeka No. 123 Garut Jawa Barat
Kode Pos : 44151

Melalui situs ini kami bertekad untuk senantiasa melaksanakan visi dan misi Mahkamah Agung RI dalam mewujudkan supremasi hukum melalui kekuasaan kehakiman yang mandiri, efektif, efisien, profesional, serta memberi kemudahan dalam pemberian informasi dan pelayanan bagi masyarakat dan para pencari keadilan.

Pengunjung Situs
HARI INI : 331 ORANG

KEMARIN : 401 ORANG

MINGGU INI : 1,003 ORANG

BULAN INI : 1,562 ORANG

TOTAL : 266,992 ORANG
Copyright © 2018. Designed by PN-Garut Beranda BeritaWilayah YuridiksiHubungi Kami