Pengadilan Negeri Garut Kelas IBw3c
Sabtu, 24 Februari 2024. Alih Bahasa :
Website Sedang Dalam Proses Pengembangan
Home Kepaniteraan Perdata

Kepaniteraan Perdata

Dibuat Oleh : Admin PTIP / Senin, 20 September 2021


Penerimaan Perkara Perdata Gugatan / Bantahan
Persyaratan Bagi Advokat
- Bagi Advokat yang telah terdaftar sebagai pengguna terdaftar bisa langsung mendaftarkan Gugatan melalui akun ecourt
Mekanisme dan Prosedur Bagi Advokat
- Penggugat menyerahkan syarat-syarat tersebut kepada petugas pelayanan ecourt.
- Petugas pelayanan ecourt melakukan registrasi akun pengguna terdaftar Penggugat.
- Penggugat melakukan login pendaftaran Gugatan dengan dibantu Petugas layanan ecourt menggunakan akun pengguna yang telah diregistrasi.
- Penggugat mendapatkan perhitungan panjar biaya perkara dan virtual account untuk melakukan pembayaran.
- Informasi nomor perkara akan diinformasikan melalui email Penggugat setelah Penggugat melakukan pembayaran panjar biaya perkara.
- Surat Gugatan Asli diserahkan pada saat persidangan.
Persyaratan Bagi Non-Advokat
- Bagi Penggugat Non- Advokat (Perorangan, Badan Hukum, Pemerintah, dan Kuasa Insidentil):
1. Soft copy Surat Gugatan dalam format doc/rtf dan soft copy Surat Gugatan yang sudah di tanda tangani dalam format pdf.
2. Soft copy bukti awal Gugatan dalam format pdf.
3. KTP atau Identitas Penggugat.
4. Alamat email.
5. Nomor Rekening.
Mekanisme dan Prosedur Bagi Non-Advokat
- Penggugat menyerahkan syarat-syarat tersebut kepada petugas pelayanan ecourt.
- Petugas pelayanan ecourt melakukan registrasi akun pengguna lain Penggugat.
- Penggugat melakukan login pendaftaran Gugatan dengan dibantu Petugas layanan ecourt menggunakan akun pengguna yang telah diregistrasi.
- Penggugat mendapatkan perhitungan panjar biaya perkara dan virtual account untuk melakukan pembayaran.
- Informasi nomor perkara akan diinformasikan melalui email Penggugat setelah Penggugat melakukan pembayaran panjar biaya perkara.
- Surat Gugatan Asli diserahkan pada saat pendaftaran.
Waktu Penyelesaian
- 20 (dua puluh) menit (apabila persyaratan sudah lengkap).
Produk Layanan
- Penggugat menerima perhitungan panjar biaya perkara dan virtual account untuk melakukan pembayaran.
Biaya
- Panjar biaya perkara dihitung berdasar pada Keputusan Ketua Pengadilan Negeri Garut Kelas IB tentang Administrasi Biaya Perkara Perdata Pada Pengadilan Negeri Garut Kelas IB yang berlaku.

Penerimaan Perkara Perdata Permohonan
Persyaratan

- Bagi Advokat yang telah terdaftar sebagai pengguna terdaftar bisa langsung mendaftarkan Permohonan melalui akun ecourt.
- Bagi Pemohon Non- Advokat (Perorangan, Badan Hukum, Pemerintah, dan Kuasa Insidentil):
1. Soft copy Surat Permohonan dalam format doc./rtf dan soft copy Surat Permohonan yang sudah ditandatangani dalam format pdf.
2. Soft copy dokumen bukti pendukung (contoh: untuk permohonan perbaikan identitas berupa KTP, KK, Akta Kelahiran, Buku Nikah, Ijazah) yang sudah difotocopy dan sudah di legalisir (nazegelen) oleh Kantor Pos dalam format pdf.
3. KTP atau Identitas Pemohon.
4. Alamat email.
5. Nomor Rekening.
Mekanisme dan Prosedur
- Pemohon menyerahkan syarat-syarat tersebut kepada petugas pelayanan/ petugas pelayanan Ecourt untuk diperiksa kelengkapannya.
- Petugas pelayanan ecourt melakukan registrasi akun pengguna lain Pemohon.
- Pemohon melakukan login pendaftaran Permohonan dengan dibantu Petugas layanan ecourt menggunakan akun pengguna yang telah diregistrasi.
- Pemohon mendapatkan perhitungan panjar biaya perkara dan virtual account untuk melakukan pembayaran.
- Informasi nomor perkara akan diinformasikan melalui email Penggugat setelah Penggugat melakukan pembayaran panjar biaya perkara.
- Surat permohonan asli, dokumen bukti asli dan fotocopy dokumen bukti yang telah dilegalisir (nazegelen) diserahkan pada saat pendaftaran.
Waktu Penyelesaian
- 20 (dua puluh) menit (apabila persyaratan sudah lengkap).
Produk Layanan
- Menerima perhitungan panjar biaya perkara dan virtual account untuk melakukan pembayaran.
Biaya
- Panjar biaya perkara dihitung berdasar pada Keputusan Ketua Pengadilan Negeri Garut Kelas IB tentang Administrasi Biaya Perkara Perdata Pada Pengadilan Negeri Garut Kelas IB yang berlaku.

Penerimaan Perkara Gugatan Sederhana
Persyaratan

- Membawa Surat Gugatan Sederhana asli
- Soft copy Surat Gugatan Sederhana dalam format doc./rtf dan soft copy Surat Gugatan Sederhana yang sudah ditandatangani dalam format pdf
- fotocopy Bukti yang telah dilegalisir (nazegelen) oleh Kantor Pos dan discan dalam format pdf
- Surat Kuasa Khusus yang sudah didaftarkan pada Kepaniteraan Hukum dan softcopy Surat Kuasa Khusus dalam format pdf (Bagi Penggugat yang merupakan Badan Hukum atau Pemerintah)
- foto copy identitas / KTP Penggugat
- Alamat Email
- Nomor Rekening
Mekanisme dan Prosedur
- Penggugat membawa Surat Gugatan Sederhana Asli kepada petugas pelayanan kepaniteraan perdata untuk diteruskan kepada Panitera/Panitera Muda Perdata untuk diperiksa apakah sudah memenuhi syarat untuk diajukan sebagai Gugatan Sederhana.
- Setelah memenuhi syarat dapat diajukan sebagai Gugatan Sederhana, Penggugat membawa persyaratan ke petugas pelayanan ecourt untuk meregistrasikan akun pengguna lain.
- Penggugat melakukan login pendaftaran Gugatan Sederhana dengan dibantu Petugas layanan ecourt menggunakan akun pengguna yang telah diregistrasi.
- Pemohon mendapatkan perhitungan panjar biaya perkara dan virtual account untuk melakukan pembayaran.
- Informasi nomor perkara akan diinformasikan melalui email Penggugat setelah Penggugat melakukan pembayaran panjar biaya perkara.
- Surat permohonan asli, dokumen bukti asli dan fotocopy dokumen bukti yang telah dilegalisir (nazegelen) diserahkan pada saat persidangan.
Waktu Penyelesaian
- 20 (dua puluh) menit (apabila persyaratan sudah lengkap).
Produk Layanan
- menerima perhitungan panjar biaya perkara dan virtual account untuk melakukan pembayaran.
Biaya
- Panjar biaya perkara dihitung berdasar pada keputusan Ketua Pengadilan Negeri Garut Kelas IB tentang Administrasi Biaya Perkara Perdata Pada Pengadilan Negeri Garut yang berlaku.

Penerimaan Perkara Permohonan Upaya Hukum Banding
Persyaratan

- Pemohon banding / Kuasanya hadir dan menyatakan permohonan banding
- Relas pemberitahuan Isi putusan Pengadilan Negeri jika ada.
- Asli surat kuasa khusus yang telah didaftarkan pada kepaniteraan Hukum dilampiri foto copy KTP penerima kuasa, foto copy surat sumpah dan foto copy KTA / asli surat kuasa insidentil dilampir foto copy KTP penerima kuasa, asli penetapan surat kuasa insidentil dari KPN, surat permohonan untuk menjadi kuasa insidentil jika ada.
- Membayar biaya panjar perkara yang telah di hitung oleh petugas.
Mekanisme dan Prosedur
- Pemohon banding / Kuasanya mengajukan banding secara lisan kepada petugas Pelayanan.
- Petugas pelayanan meneliti kelengkapan persyaratan formal permohonan Banding.
- Petugas menghitung panjar biaya perkara dan dituangkan dalam bentuk SKUM selanjutnya diserahkan kepada Pemohon banding / Kuasanya untuk dibayarkan ke Bank.
- Petugas menerima bukti pembayaran panjar biaya perkara permohonan banding tersebut.
- Petugas pelayanan membuat akta pernyataan Banding.
- Petugas menyampaikan akta pernyataan banding kepada pemohon / kuasanya untuk diperiksa dan selanjutnya ditandatangani pemohon/Kuasanya.
- Petugas menyampaikan akta pernyataan banding tersebut kepada Panitera untuk ditandatangani.
- Petugas menyampaikan salinan Akta Pernyataan Banding dan salinan SKUM yang dikeluarkan Kasir kepada Pemohon / kuasanya.
Waktu Penyelesaian
- 20 (dua puluh) menit (apabila persyaratan sudah lengkap).
Produk Layanan
- Pemohon Banding / Kuasanya menerima salinan Akta pernyataan Banding yang telah ditandatangani Pemohon Banding dan Panitera.
- Pemohon Banding / kuasanya menerima salinan bukti setor uang panjar perkara dari bank serta salinan SKUM yang dikeluarkan Kasir.
Biaya
- Panjar biaya perkara dihitung berdasar pada keputusan Ketua Pengadilan Negeri Garut Kelas IB tentang Administrasi Biaya Perkara Perdata Pada Pengadilan Negeri Garut yang berlaku

Penerimaan Perkara Permohonan Upaya Hukum Banding Online
Mekanisme dan Prosedur

- Pemohon banding / Kuasanya mengajukan banding secara online pada aplikasi Pendaftaran upaya Hukum Banding Online.
- Petugas pelayanan meneliti kelengkapan persyaratan formal permohonan Banding.
- Petugas pelayanan membuat akta pernyataan Banding.
- Petugas menyampaikan akta pernyataan banding tersebut kepada Panitera untuk ditandatangani.
- Petugas menyampaikan salinan Akta Pernyataan Banding dan salinan SKUM yang dikeluarkan Kasir kepada Pemohon / kuasanya.
Waktu Penyelesaian
- 20 (dua puluh) menit (apabila persyaratan sudah lengkap).
Produk Layanan
- Pemohon Banding / Kuasanya menerima salinan Akta pernyataan Banding yang telah ditandatangani oleh Panitera.
- Pemohon Banding / kuasanya menerima salinan bukti setor uang panjar perkara dari bank serta salinan SKUM yang dikeluarkan Kasir.
Biaya
- Panjar biaya perkara dihitung berdasar pada keputusan Ketua Pengadilan Negeri Garut Kelas IB tentang Administrasi Biaya Perkara Perdata Pada Pengadilan Negeri Garut yang berlaku

Penerimaan Perkara Permohonan Upaya Hukum Kasasi
Persyaratan

- Pemohon Kasasi / Kuasanya hadir dan menyatakan permohonan kasasi.
- Relaas pemberitahuan putusan Banding.
- Asli surat kuasa khusus yang telah didaftarkan pada kepaniteraan Hukum dilampiri foto copy KTP penerima kuasa, foto opy surat sumpah dan foto copy KTA / asli surat kuasa insidentil dilampir foto copy KTP penerima kuasa, asli penetapan surat kuasa insidentil dari KPN, surat permohonan untuk menjadi kuasa insidentil jika ada.
- Membayar biaya panjar perkara yang telah dihitung oleh petugas.
Mekanisme dan Prosedur
- Pemohon kasasi/Kuasanya menyatakan Kasasi secara lisan kepada petugas Pelayanan.
- Petugas pelayanan meneliti kelengkapan persyaratan formal permohonan Kasasi.
- Petugas menghitung panjar biaya perkara dan dituangkan dalam bentuk SKUM selanjutnya diserahkan kepada Pemohon Kasasi/Kuasanya untuk di bayarkan ke Bank.
- Petugas menerima bukti pembayaran panjar biaya perkara permohonan Kasasi tersebut.
- Petugas pelayanan membuat akta pernyataan Kasasi.
- Petugas menyampaikan akta pernyataan Kasasi kepada pemohon / kuasanya untuk di periksa dan selanjutnya ditanda tangani pemohon / Kuasanya.
- Petugas menyampaikan akta pernyataan Kasasi tersebut kepada Panitera untuk ditandatangani.
- Petugas menyampaikan salinan Akta Pernyataan Kasasi yang telah ditandatangani pemohon serta panitera dan salinan SKUM yang dikeluarkan Kasir kepada Pemohon / kuasanya.
Waktu Penyelesaian
- 20 (dua puluh) menit (apabila persyaratan sudah lengkap).
Produk Layanan
- Pemohon Kasasi / Kuasanya menerima salinan Akta pernyataan Kasasi.
- Pemohon Kasasi / kuasanya menerima salinan bukti setor uang panjar perkara dari bank serta salinan SKUM yang dikeluarkan Kasir.
Biaya
- Panjar biaya perkara dihitung berdasar pada keputusan Ketua Pengadilan Negeri Garut Kelas IB tentang Administrasi Biaya Perkara Perdata Pada Pengadilan Negeri Garut yang berlaku.

Penerimaan Perkara Permohonan Upaya Hukum Peninjauan Kembali
Persyaratan

- Pemohon Peninjauan Kembali / Kuasanya hadir dan menyatakan permohonan Peninjauan Kembali.
- Asli surat kuasa khusus yang telah di daftarkan pada kepaniteraan Hukum dilampiri foto copy KTP penerima kuasa, foto copy Berita Acara Sumpah dan foto copy KTA / asli surat kuasa insidentil dilampir foto copy KTP penerima kuasa, asli penetapan surat kuasa insidentil dari KPN, surat permohonan untuk menjadi kuasa insidentil jika ada.
- Asli Memori Peninjauan Kembali dan soft copy Memori Peninjauan Kembali serta salinan memori tersebut yang jumlahnya disesuaikan dengan pihak dalam perkara tersebut.
- Membayar biaya panjar perkara yang telah dihitung oleh petugas.
Mekanisme dan Prosedur
- Pemohon Peninjauan Kembali / Kuasanya menyatakan Peninjauan Kembali secara lisan serta menyerahkan Memori Peninjauan Kembali kepada petugas Pelayanan.
- Petugas pelayanan meneliti kelengkapan persyaratan formal permohonan Peninjauan Kembali.
- Petugas menghitung panjar biaya perkara dan dituangkan dalam bentuk SKUM selanjutnya diserahkan kepada Pemohon Peninjauan kembali / Kuasanya untuk di bayarkan ke Bank.
- Petugas menerima bukti pembayaran panjar biaya perkara permohonan Peninjauan Kembali tersebut.
- Petugas pelayanan memberikan cap tanda terima pada Memori Peninjauan Kembali yang nantinya ditandatangani oleh panitera.
- Petugas pelayanan membuat akta pernyataan Peninjauan Kembali dan tanda terima Memori peninjauan kembali yang nantinya ditandatangani oleh Pemohon dan Panitera.
- Petugas menyampaikan akta pernyataan Peninjauan Kembali dan tanda terima memori Peninjauan Kembali kepada pemohon/ kuasanya untuk di periksa dan selanjutnya ditandatangani pemohon/Kuasanya.
- Petugas menyampaikan akta pernyataan Peninjauan Kembali dan tanda terima memori Peninjauan Kembali tersebut kepada Panitera untuk ditandatangani.
- Petugas menyampaikan salinan Akta Pernyataan Peninjauan Kembali, salinan tanda terima memori Peninjauan Kembali dan salinan bukti setor panjar perkara dan salinan SKUM yang dikeluarkan Kasir kepada Pemohon/kuasanya.
Waktu Penyelesaian
- 20 (dua puluh) menit (apabila persyaratan sudah lengkap).
Produk Layanan
- Pemohon Peninjauan Kembali/Kuasanya menerima salinan Akta pernyataan Peninjauan Kembali.
- Pemohon Peninjauan Kembali/Kuasanya menerima salinan tanda terima memori Peninjauan Kembali.
- Pemohon Peninjauan Kembali/Kuasanya menerima salinan memori Peninjauan Kembali.
- Pemohon Peninjauan Kembali/kuasanya menerima salinan bukti setor uang panjar perkara dari bank serta salinan SKUM yang dikeluarkan Kasir.
Biaya
- Panjar biaya perkara dihitung berdasar pada Keputusan Ketua Pengadilan Negeri Garut Kelas IB tentang Administrasi Biaya Perkara Perdata Pada Pengadilan Negeri Garut yang berlaku.

Penerimaan Perkara Permohonan Keberatan dalam Gugatan Sederhana
Persyaratan

- Pemohon keberatan / Kuasanya Hadir dan menyatakan keberatan secara lisan.
- Pemohon keberatan / kuasanya menyertakan memori keberatan.
- Permohonan keberatan diajukan paling lambat 7 hari setelah putusan diucapkan / setelah diberitahukan.
- Pemohon keberatan melampirkan relaas pemberitahuan putusan jika ada.
- Asli surat kuasa khusus yang telah di daftarkan pada kepaniteraan Hukum dilampiri foto copy KTP penerima kuasa, foto copy surat sumpah dan foto copy KTA / asli surat kuasa insidentil dilampir foto copy KTP penerima kuasa, asli penetapan surat kuasa insidentil dari KPN, surat permohonan untuk menjaga kuasa insidentil jika ada dan/atau Surat Tugas (bagi instansi).
- Membayar biaya panjar perkara yang telah dihitung oleh petugas.
Mekanisme dan Prosedur
- Pemohon keberatan / Kuasanya menyatakan keberatan secara lisan serta menyerahkan Memori keberatan / mengisi blanko pernyataan keberatan dan blanko memori kebertan yang telah disiapkan petugas Pelayanan.
- Petugas menghitung panjar biaya perkara yang harus dibayar dan dituangkan dalam bentuk SKUM selanjutnya diserahkan kepada Pemohon keberatan Kuasanya untuk dibayarkan ke Bank.
- Petugas menerima bukti pembayaran panjar biaya perkara permohonan keberatan tersebut.
- Petugas pelayanan meneliti kelengkapan berkas permohonan keberatan dengan di lengkapi ceklist penerimaan berkas perkara yang selanjutnya di tanda tangani oleh panitera Muda Perdata.
- Petugas pelayanan memberikan cap tanda terima pada Memori Keberatan yang nantinya ditandatangani oleh panitera.
- Petugas pelayanan membuat akta pernyataan keberatan dan tanda terima memori keberatan yang nantinya ditandatangani oleh Pemohon dan Panitera.
- Petugas menyampaikan akta pernyataan keberatan beserta tanda terima memori keberatan tersebut kepada Pemohon untuk diperiksa dan selanjutnya di tandatangani.
- Petugas menyampaikan akta pernyataan keberatan beserta tanda terima memori keberatan tersebut kepada Panitera untuk ditandatangani.
- Petugas menyampaikan salinan akta pernyataan keberatan, salinan tanda terima memori keberatan, salinan bukti pembayaran panjar permohonan dan salinan SKUM serta salinan bukti pembayaran yang dikeluarkan kasir.
Waktu Penyelesaian
- 20 (dua puluh) menit (apabila persyaratan sudah lengkap).
Produk Layanan
- Pemohon keberatan / Kuasanya menerima salina Akta pernyataan keberatan.
- Pemohon keberatan / Kuasanya menerima tanda salinan terima memori keberatan.
- Pemohon keberatan / Kuasanya menerima salinan memori keberatan yang telah dicap tanda terima dan dibubuhi tanda tangan Panitera.
- Pemohon keberatan / kuasanya menerima salinan bukti setor pembayaran panjar perkara dari bank serta salinan SKUM yang dikeluarkan Kasir.
Biaya
- Panjar biaya perkara dihitung berdasar pada Keputusan Ketua Pengadilan Negeri Garut Kelas IB tentang Administrasi Biaya Perkara Perdata Pada Pengadilan Negeri Garut yang berlaku.

Penerimaan Permohonan Konsinyasi
Persyaratan

- Surat permohonan Konsinyasi.
- Melampirkan dokumen awal berupa: Fotocopy identitas Pemohon dan Termohon, Surat Kuasa yang sudah didaftarkan di Kepaniteraan Hukum, Surat tugas dari instansi terkait, Berita acara hasil Musyawarah Penetapan Ganti Kerugian, Fotocopy surat penolakan Termohon atas bentuk dan/atau besar Ganti Kerugian berdasarkan Musyawarah Penetapan Ganti Kerugian, Surat keputusan Gubernur, bupati/wali kota tentang penetapan lokasi pembangunan, Fotocopy surat dari aprisal perihal nilai ganti rugi, Fotocopy bukti bahwa termohon sebagai pihak yang berhak atas objek pengadaan tanah.
- Setelah ditelaah dan dipelajari oleh Panitera Muda Perdata dan Panitera selanjutnya dinyatakan dapat diterima pemohon membayar biaya perkara yang telah dihitung oleh kasir.
Mekanisme dan Prosedur
- Pemohon / Kuasa menyerahkan syarat-syarat tersebut kepada petugas Pelayanan.
- Petugas Pelayanan meneliti kelengkapan berkas permohonan dengan di lengkapi ceklist penerimaan berkas perkara, disampaikan kepada Panitera Muda Perdata untuk ditelaah selanjutnya disampaikan kepada Panitera untuk dipelajari.
- Meja 1 menghitung panjar biaya perkara yang harus dibayar setelah dinyatakan permohonan konsinyasi tersebut dapat diterima. Biaya perkara tersebut dituangkan dalam bentuk SKUM selanjutnya diserahkan kepada Pemohon/Kuasanya untuk dibayarkan ke Bank.
- Meja 1 menerima bukti pembayaran panjar biaya perkara selanjutnya memberikan nomor pada berkas perkara serta menuliskan nomor register pada permohonan asli dan salinannya.
Waktu Penyelesaian
- 30 (tiga puluh) menit (apabila persyaratan sudah lengkap).
Produk Layanan
- Pemohon / Kuasanya menerima salinan permohonan yang telah mendapatkan nomor perkara.
- Pemohon / Kuasanya menerima salinan bukti setor uang panjar perkara dari bank serta salinan SKUM yang dikeluarkan Kasir.
Biaya
- Panjar biaya perkara dihitung berdasar pada Keputusan Ketua Pengadilan Negeri Garut Kelas IB tentang Administrasi Biaya Perkara Perdata Pada Pengadilan Negeri Garut yang berlaku.

Penerimaan Permohonan Eksekusi
Persyaratan

- Surat permohonan Eksekusi.
- Melampirkan dokumen bukti awal berupa fotocopy salinan putusan Pengadilan tingkat pertama, salinan putusan tingkat Banding, putusan tingkat kasasi, risalah lelang, Hak Tanggungan, Groose Akta, Akta Fiducia.
- Surat tugas dari instansi terkait / Asli surat kuasa khusus yang telah didaftarkan pada kepaniteraan hukum dilampiri foto copy KTP penerima kuasa, foto copy surat sumpah dan foto copy KTA / asli surat kuasa insidentil dilampir foto copy KTP penerima kuasa, asli penetapan surat kuasa insidentil dari KPN, surat permohonan untuk menjadi kuasa insidentil jika ada.
Mekanisme dan Prosedur
- Pemohon / Kuasa menyerahkan syarat-syarat tersebut kepada petugas Pelayanan.
- Petugas pelayanan meneliti kelengkapan berkas permohonan dengan dilengkapi ceklist penerimaan berkas perkara, selanjutnya disampaikan kepada Panitera Muda Perdata untuk ditelaah dan dipelajari.
- Panitera Muda membuat resume atas permohonan tersebut selanjutnya meminta persetujuan dari Ketua Pengadilan lewat Panitera.
- Setelah dinyatakan dapat diterima, Meja 1 menghubungi pemohon untuk membayar panjar perkara.
- Meja 1 menghitung panjar biaya perkara yang harus dibayar setelah dinyatakan permohonan eksekusi tersebut dapat diterima. Biaya perkara tersebut dituangkan dalam bentuk SKUM selanjutnya diserahkan kepada Pemohon / Kuasanya untuk dibayarkan ke Bank.
- Petugas menerima bukti pembayaran panjar biaya perkara selanjutnya memberikan nomor pada berkas perkara serta menuliskan nomor registrasi pada permohonan asli dan salinannya.
Waktu Penyelesaian
- 14 (empat belas) hari kerja.
Produk Layanan
- Pemohon / Kuasanya menerima salinan bukti setor uang panjar perkara dari bank serta salinan SKUM yang dikeluarkan kasir.
Biaya
- Panjar biaya perkara dihitung berdasar pada Keputusan Ketua Pengadilan Negeri Garut Kelas IB tentang Administrasi Biaya Perkara Perdata Pada Pengadilan Negeri Garut yang berlaku.

Penerimaan Memori / Kontra Memori Banding / Kasasi / Peninjauan Kembali
Persyaratan

- Pemohon / Termohon / Kuasanya hadir dan menyampaikan Memori / Kontra Memori banding / Kasasi beserta soft copy.
- Menunjukkan salinan surat kuasa khusus yang telah didaftarkan pada kepaniteraan Hukum / salinan surat kuasa insidentil dilampir foto copy KTP penerima kuasa dan salinan penetapan surat kuasa insidentil dari Ketua Pengadilan Negeri.
- Membayar biaya.
Mekanisme dan Prosedur
- Pemohon/Termohon/Kuasanya menyerahkan Memori/Kontra Memori banding/ Kasasi/Peninjauan Kembali dan soft copy kepada petugas Pelayanan.
- Petugas pelayanan meneliti kelengkapan berkas yang nantinya ditandatangani oleh Pemohon / Termohon / Kuasanya dan Panitera.
- Petugas menyampaikan Tanda Terima Memori/Kontra Memori banding/Kasasi/ Peninjauan Kembali kepada Pemohon/Termohon/Kuasanya untuk diperiksa dan ditandangani.
- Petugas menyampaikan Tanda Terima Memori/Kontra Memori banding/Kasasi Peninjauan Kembali kepada Panitera untuk ditandatangani.
- Petugas menyampaikan salinan tanda terima dan salinan Memori/Kontra Memori banding/Kasasi/Peninjauan Kembali yang telah dicap tanda terima kepada Pemohon / Termohon/Kuasanya.
Waktu Penyelesaian
- 30 (tiga puluh) menit (apabila persyaratan sudah lengkap).
Produk Layanan
- Pemohon/Termohon/Kuasanya menerima salinan Tanda Terima Memori/Kontra Memori banding/ Kasasi/Peninjauan Kembali.
- Pemohon/ Termohon/Kuasanya menerima salinan Memori/ Kontra Memori banding/ Kasasi/Peninjauan Kembali yang telah dicap tanda terima dan ditandatangani oleh Panitera.
Biaya
- Tidak dipungut biaya.

Pemeriksaan Berkas / Inzage oleh Pihak
Persyaratan

- Pemohon Inzage hadir dan menyatakan untuk Inzage.
- Menunjukkan salinan surat kuasa khusus yang telah di daftarkan pada kepaniteraan Hukum/salinan surat kuasa insidentil dilampir foto copy KTP penerima kuasa dan salinan penetapan surat kuasa insidentil dari Ketua Pengadilan Negeri.
Mekanisme dan Prosedur
- Pemohon Inzage hadir dan menyatakan untuk Inzage kepada petugas Pelayanan.
- Petugas pelayanan menyampaikan permohonan tersebut kepada Panitera Muda Perdata.
- Panitera Muda Perdata/staf yang ditunjuk oleh Panitera Muda Perdata menyiapkan berkas yang akan diperiksa dan memberikan pendampingan serta pengawasan proses memeriksa berkas tersebut.
- Petugas Pelayanan membuat akta memeriksa berkas/Inzage yang ditandatangani oleh pemohon Inzage dan Panitera.
Waktu Penyelesaian
- 30 (tiga puluh) menit (apabila persyaratan sudah lengkap).
Produk Layanan
- Pemohon Inzage memeriksa berkas.
- Mendapat layanan pendampingan dan pengawasan dari Panitera Muda Perdata/staf yang ditunjuk.
- Pemohon Inzage mendapatkan salinan akta memeriksa berkas/Inzage yang ditandatangani oleh pemohon Inzage dan Panitera.
Biaya
- Tidak dipungut biaya.

Pengambilan Salinan Penetapan / Putusan
Persyaratan

- Pemohon hadir dan menyatakan tujuannya untuk pengambilan salinan Putusan/ Penetapan.
- Menunjukkan identitas diri.
- Melampirkan Pemberitahuan Putusan/Penetapan jika ada.
- Menunjukkan salinan surat kuasa khusus yang telah di daftarkan pada kepaniteraan Hukum / salinan surat kuasa insidentil dilampir foto copy KTP penerima kuasa dan salinan penetapan surat kuasa insidentil dari Ketua Pengadilan Negeri.
- Membayar biaya PNBP.
Mekanisme dan Prosedur
- Pemohon hadir dan menyatakan tujuannya untuk pengambilan salinan putusan / penetapan kepada petugas Pelayanan.
- Petugas pelayanan memeriksa identitas pemohon selanjutnya di cocokkan dengan pihak yang berperkara dalam salinan Penetapan / Putusan tersebut.
- Petugas Pelayanan menyiapkan salinan serta menghitung biaya yang timbul atas salinan tersebut.
- Petugas Pelayanan menyampaikan salinan tersebut kepada Panitera untuk ditanda tangani.
- Petugas Pelayanan menyampaikan salinan tersebut serta meminta biaya yang timbul kepada pemohon salinan.
Waktu Penyelesaian
- 30 (tiga puluh) menit (apabila persyaratan sudah lengkap).
Produk Layanan
- Pemohon menerima salinan.
- Pemohon mendapat bukti biaya yang dibayarkan untuk salinan tersebut.
Biaya
- Panjar biaya perkara dihitung berdasar pada Keputusan Ketua Pengadilan Negeri Garut Kelas IB tentang Administrasi Biaya Perkara Perdata Pada Pengadilan Negeri Garut yang berlaku.

Pengambilan Sisa Panjar Tingkat Pertama
Persyaratan

- Pemohon menyampaikan tujuannya untuk pengambilan sisa panjar.
- Menunjukkan identitas diri.
- Melampirkan Pemberitahuan Putusan / Penetapan jika ada.
- Menunjukkan salinan surat kuasa khusus yang telah di daftarkan pada kepaniteraan Hukum / salinan surat kuasa insidentil dilampir foto copy KTP penerima kuasa dan salinan penetapan surat kuasa insidentil dari Ketua Pengadilan Negeri.
Mekanisme dan Prosedur
- Pemohon menyampaikan tujuannya untuk pengambilan sisa panjar kepada Petugas Pelayanan.
- Petugas pelayanan memeriksa identitas pemohon untuk memastikan bahwa pemohon adalah yang berhak menerima sisa panjar.
- Petugas Pelayanan menyampaikan permohonan tersebut kepada kasir.
- Kasir menghitung sisa panjar serta membuat bukti pengembalian sisa panjar.
- Kasir menutup panjar biaya perkara yang diambil sisa panjarnya.
- Kasir menyampaikan bukti pengambilan sisa panjar untuk ditanda tangani oleh pemohon.
- Kasir menyerahkan uang sisa panjar beserta salinan bukti pengambilan sisa panjar kepada pemohon.
Waktu Penyelesaian
- 30 (tiga puluh) menit (apabila persyaratan sudah lengkap).
Produk Layanan
- Uang sisa panjar.
- Salinan bukti pengambilan sisa panjar.
Biaya
- Tidak dipungut biaya apabila diambil sendiri
- Apabila transfer, biaya transfer sesuai peraturan perbankan

Pengambilan Uang Ganti Rugi / Konsinyasi
Persyaratan

- Pemohon menyampaikan tujuannya untuk pengambilan Uang Konsinyasi.
- Identitas diri Pemohon.
- Surat Rekomendasi pengambilan uang Konsinyasi dari BPN.
- Surat Pemutusan hubungan yang di keluarkan oleh BPN.
- Menunjukkan salinan surat kuasa khusus yang telah di daftarkan pada kepaniteraan Hukum / salinan surat kuasa insidentil dilampir foto copy KTP penerima kuasa dan salinan penetapan surat kuasa insidentil dari Ketua Pengadilan Negeri.
Mekanisme dan Prosedur
- Pemohon menyampaikan tujuannya untuk pengambilan Uang Konsinyasi.
- Petugas Pelayanan meminta persyaratan pengambilan uang Konsinyasi kepada pemohon.
- Petugas pelayanan memeriksa identitas pemohon dilengkapi syarat lain untuk disesuaikan pada berkas perkara permohonan konsinyasi dengan tujuan memastikan bahwa pemohon adalah yang berhak menerima uang konsinyasi.
- Petugas Pelayanan Menyampaikan permohonan tersebut disertai lampiran persyaratan kepada Panitera Muda Perdata dilanjutkan kepada Panitera untuk dipelajari dan diteliti.
- Petugas pelayanan membuat Berita Acara Serah terima Uang Konsinyasi berdasarkan Perintah Panitera / Panitera Muda Perdata.
- Kasir membuat kwitansi tanda terima pencairan uang konsinyasi.
- Pemohon menandatangani Berita Acara Serah terima Uang Konsinyasi dihadapan panitera dengan disaksikan dua orang saksi.
- Pemohon menandatangani kwitansi tanda terima pencairan uang konsinyasi yang diketahui panitera.
- Kasir menyerahkan salinan kwitansi tanda terima pencairan uang konsinyasi, salinan Berita Acara Serah terima Uang Konsinyasi serta uang konsinyasi kepada pemohon.
Waktu Penyelesaian
- 30 (tiga puluh) menit (apabila persyaratan sudah lengkap).
Produk Layanan
- Uang konsinyasi.
- Salinan kwitansi tanda terima pencairan uang konsinyasi.
- Salinan Berita acara Serah terima Uang Konsinyasi.
Biaya
- Tidak dipungut biaya.
Berita Terbaru
  • KEGIATAN RAPAT, PENGUKUHAN AGEN PERUBAHAN & REWARD KINERJA TERBAIK
    Rabu, 31 Januari 2024

    Lebih Lanjut
  • RAPAT ANGGOTA TAHUNAN KOPERASI MAHKAMAH AGUNG (KOPMA) PENGADILAN NEGERI GARUT
    Selasa, 30 Januari 2024

    Lebih Lanjut
  • KEGIATAN SENAM PAGI PENGADILAN NEGERI GARUT
    Jumat, 26 Januari 2024

    Lebih Lanjut
Pelayanan Prima, Putusan Berkualitas
Pencarian
Ketua & Wakil Ketua PN Garut

NI WAYAN WIRAWATI, S.H., M.Si.
KETUA


SINTA GABERIA PASARIBU, S.H., M.H.
WAKIL KETUA

Nilai SKM & Nilai SPAK


Sertifikat Akreditasi Penjaminan Mutu


Pengadilan Negeri Garut IB Mendapatkan Sertifikat Akreditasi Penjaminan Mutu "A" Excellent dari Direktorat Jenderal Badan Peradilan Umum Mahkamah Agung RI
Jam Kerja


Jam Kerja Pengadilan Negeri Garut Kelas IB
Maklumat Pelayanan


Maklumat Pelayanan Pengadilan Negeri Garut Kelas IB
Laporan Realisasi Anggaran
LRA BUA (097542) 


LRA BADILUM (099072) 
Sosial Media PN Garut
Link Terkait

Mahkamah Agung RI

Mahkamah Agung RI
Jl. Medan Merdeka Utara No.9-13 Jakarta

Badilum

Badan Peradilan Umum
Jl. Jend. Ahmad Yani No.58, Jakarta

Badilum

Kepaniteraan Mahkamah Agung RI
Jl. Medan Merdeka Utara No. 9-13, Jakarta

Pengadilan Tinggi Bandung

Pengadilan Tinggi Bandung
Jl. Cimuncang No. 21 D Bandung, Jawa Barat

Mahkamah Agung RI

Siwas Mahkamah Agung RI
Jl. Medan Merdeka Utara No.9-13 Jakarta

e-Peduli Pengadilan Tinggi Bandung

e-Peduli Pengadilan Tinggi Bandung
Jl. Cimuncang No. 21 D Bandung

Mahkamah Agung RI

Bawas Mahkamah Agung RI
Jl. Rw. Jaya No.58, Cempaka Putih Timur Jakarta Pusat

Mahkamah Agung RI

e-Court Mahkamah Agung RI
Jl. Medan Merdeka Utara No.9-13 Jakarta

Informasi Pengadilan

Kontak Email : humas@pn-garut.go.id
No. Telp : (0262)233042
Fax: (0262)233042
Alamat : Jl. Merdeka No. 123 Garut Jawa Barat
Kode Pos : 44151

Melalui situs ini kami bertekad untuk senantiasa melaksanakan visi dan misi Mahkamah Agung RI dalam mewujudkan supremasi hukum melalui kekuasaan kehakiman yang mandiri, efektif, efisien, profesional, serta memberi kemudahan dalam pemberian informasi dan pelayanan bagi masyarakat dan para pencari keadilan.

Pengunjung Situs
HARI INI : 174 ORANG

KEMARIN : 265 ORANG

MINGGU INI : 3,038 ORANG

BULAN INI : 14,852 ORANG

TOTAL : 65,872 ORANG
Copyright © 2021. Designed by PN-Garut Beranda BeritaWilayah YuridiksiHubungi Kami