Pelayanan Pengaduan

Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.

PROSEDUR LAPORAN PENGADUAN PADA PENGADILAN NEGERI GARUT

Bagi para pencari keadilan yang merasa tidak puas atau dirugikan atas pelayanan kami, dapat menyampaikan kepada kami, dengan ketentuan sebagai berikut :

SYARAT PENGADUAN

Pengadu harus mencantumkan dan memiliki:

  1. Identitas jelas, meliputi: nama, alamat dan contacperson / no telp;
  2. Menyampaikan/membawa/melampirkan data serta bukti-bukti yang dapat dipertanggungjawabkan secara hukum.
  3. Hal-hal yang perlu diadukan dan yang akan diproses dalam menu pengaduan di Pengadilan Negeri Garutadalah sebagai berikut:

1.PELAYANAN

  • Pelayanan proses berperkara di Pengadilan Negeri Garut;
  • Pelayanan persidangan di Pengadilan Pengadilan Negeri Garut;
  • Masalah administrasi yaitu terjadi kekeliruan, kesalahan atau kelalaian yang bersifat adminstrasif.

2.PELANGGARAN

  • Pelanggaran disiplin kerja Hakim/Pegawai Pengadilan Negeri Garut;
  • Pelanggaran  pelaksanaan tugas pejabat Pengadilan Negeri Garut;
  • Perselisihan/pertengkaran yang menyangkut Hakim/Pegawai Pengadilan;
  • Pelanggaran hukum acara, baik yang dilakukan dengan sengaja atau kelalaian dan ketidakpahaman.

3.PUNGUTAN LIAR

  • Pungutan Liar oleh Petugas di kantor Pengadilan Negeri Garut;
  • Pungutan Liar oleh Petugas di Luar Kantor Pengadilan Negeri Garut;

 

LAYANAN PENGADUAN

Seluruh pengaduan yang berkenaan dengan persoalan tersebut di atas dapat disampaikan melalui beberapa cara, antara lain:

  1. Datang Langsung ke Pengadilan Negeri Garut pada setiap hari kerja Senin s/d Kamis pukul 00 s/d 16.30.Jumat pukul 08.00 s/d 17.00wib dan mengadukan persoalan baik secara langsung (berbicara) atau tertulis yang ditujukan kepada Ketua Pengadilan Negeri Garut,dengan menjelaskan dan sedapat mungkin membawa bukti-bukti yang dapat menguatkan aduannya tersebut. Apabila pengaduan dikirim melalui pos dalam amplop tertutup, maka harus disebutkan secara jelas bahwa isi amplop tersebut adalah surat pengaduan dengan menulis kata “PENGADUAN PADA PENGADILAN di bagian kiri atas amplop;
  2. Melalui Telepon Atau Fax di (0262) 081 222 284 485
  3. Menyampaikan Pengaduan Melalui Emaildi humas@pn.garut.qo.id
  4. Melalui Kotak Saranyang terpasang didekat pintu masuk ruang kantor Pengadilan Negeri Garut.

PENERIMAAN PENGADUAN

  1. Pengadilan Negeri Garut akan menerima setiap pengaduan yang diajukan oleh masyarakat baik secara lisan maupun tertulis;
  2. Pengadilan Negeri Garutakan memberikan penjelasan mengenai kebijakan dan prosedur penyelesaian pengaduan pada saat masyarakat mengajukan pengaduan;
  3. Pengadilan Negeri Garut akan memberikan tanda terima, jika pengaduan diajukan secara tertulis;
  4. Pengadilan Negeri Garuthanya akan menindaklanjuti pengaduan yang mencantumkan identitas pelapor;
  5. Pelapor sedapat mungkin mencantumkan identitas dan mengirimkan atau menyertakan bukti yang dapat menguatkan adannya aduan tersebut,namun demikian selama informasi dalam pengaduan benar dan memiliki dasar yang kuat pengaduan tersebut akan tetap di tindaklanjuti walaupun tidak mencantumkan identitas ( 076/KMA/SK/VI/2009 Bab VIB poin 2 );
  6. Setiap data dan identitas yang diberikan oleh pelapor akan dirahasiakan.

 



KRITIK DAN SARAN PENGADUAN (KELUHAN)

Jika anda memiliki kritik saran maupun pertanyaan silahkan ajukan kepada kami dengan mengisi form di bawah ini :


Nama Anda (wajib)

Surel/E-mail Anda (wajib)

Kritik, Saran, Keluhan



PENGADUAN DENGAN SMS/TELEPON

Anda juga dapat menghubungi kami via SMS ke :


No Kontak Telepon : 081222284485



Kami sangat senang kepada anda jika anda dapat memberitahukan keluhan anda agar pelayanan kami dapat lebih baik lagi kedepannya.

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.